Sertifikasi Surveyor Banjarmasin 8 November 2017

6 December 2017

Pengarahan Dirjen Minerba pada Acara Pembekalan dan Sertifikasi Tenaga Surveyor Hotel Treepark, Banjarmasin, 8 November 2017

Dalam Acara pelaksanaan Pembekalan Tenaga Surveyor yang dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Pengusahaan Batubara, sekaligus dilanjutkan dengan pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Surveyor yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Perhapi di Banjarmasin pada tanggal 7 s.d 9 November 2017, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara memberikan Pengarahan kepada Manajemen Perusahaan Surveyor dan para calon tenaga survey. Kegiatan tersebut diikuti oleh 106 calon tenaga survey, dimana kegiatan ini sebagai pemenuhan persyaratan yang telah ditetapkan dalam Perdirjen 481/2014.

Dalam arahannya, Dirjen Minerba menyambut baik acara tersebut, sekaligus sebagai ajang pertemuan antara Pemerintah dengan para pelaku usaha survey, dimana sesuai ketentuan perusahaan surveyor harus mendapatkan penunjukan dari pemerintah dalam menjalankan kegiatan verifikasi Mineral dan Batubara, dan tenaga surveynya harus mendapatkan nomor registrasi dari Minerba setelah memenuhi persyaratan.

Selain kewajiban petugas survey harus kompeten, Dirjen juga menekankan bahwa tenaga Survey tersebut juga harus mempunyai integritas yang tinggi, mengingat tenaga tersebut merupakan ujung tombak dalam perhitungan mineral dan batubara yang telah diproduksi dalam perhitungan royalty yang merupakan hak pemerintah.

Dalam rangka meningkatkan pengawasan, Dirjen Minerba menjelaskan bahwa kedepan, Pemerintah akan menerapkan Kebijakan Pengawasan Secara Online, sehingga kegiatan tersebut dapat sinkron saling melengkapi dengan pelaksanaan kegiatan verifikasi yang dilakukan oleh Perusahaan Surveyor.

Dirjen Minerba juga menegaskan, bahwa pada prinsipnya Pemerintah berusaha menyederhanakan proses perizinan, sehingga produksi mineral dan batubara dapat berjalan dengan lebih prduktif, yang nanti tentunya akan meningkatkan penerimaan negara dari sub sektor mineral dan batubara.

Dalam kesempatan ini, Dirjen juga mengapresiasi LSP Perhapi yang merupakan Lembaga Independen yang telah melaksanakan Uji Kompetensi secara Profesional, sehingga diharapkan tenaga survey yang nanti bekerja dilapangan mempunyai kompetensi dalam menjalankan pekerjaanya dan juga mempunyai Integritas yang tinggi.